Tuesday, September 22, 2015

Pengertian Phreedom dan installasinya

Nama / NIM : I Gusti Ngurah Made Ardika / 1404505096
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : E-Application/E-Business
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

Tempat belajar dan berbagi bersama

1.      Pengertian Phreedom
Phreedom merupakan aplikasi open source berbasis Cloud Computing yang dikhususkan untuk layanan akunting dan ERP (Enterprise Resource Planning). Program ini ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan databaseMySQL sehingga Phreedom dapat dijalankan dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac OS, BSD dan lain-lain. Phreedom memiliki engine yang dama dengan Phreebooks dengan sama-sama berlisensi GNU GPL. Phreedom dibuat oleh Phreesoft dan diletakkan juga pada server Phreebooks.
Layanan dan fitur yang disediakan oleh Phreedom diantaranya adalah, accounting berbasis web, manajemeninventory (labor, stok barang/jasa, assemblies/perakitan), akun untuk para vendor dan customer(pelanggan/konsumen), perbankan, pengiriman (shipping), Point of Sale (kasir), kurs mata uang, pelaporan secara digital, e-commerce, dukungan banyak bahasa, modular architecture untuk kustomisasi, payment gateway,project tracking, serta multi user level security.

2.       Instalasi Phreedom
Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan instalasi aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) open source berbasis Cloud Computing yaitu Phreedom pada Linux
Langkah pertama adalah pastikan pada sistem operasi linux yang digunakan telah terinstal dan berjalan XAMPP Linux sebagai mana mestinya sebagai web server dan database server. Untuk menjalankan XAMPP Linux gunakan akses root dengan mengetikan perintah su pada terminal dan ketikan perintah /opt/lampp/lampp start untuk menjalankan XAMPP Linux.

Gambar Terminal Menjalankan XAMPP Linux

Setelah selesai menjalankan XAMPP Linux selanjutnya letakkan file arsip PhreedomR35RC3.zip pada direktori yang diinginkan. Pada instalasi ini direktori yang digunakan adalah /home/igos/sourcecode.

Gambar Direktori IGOS /home/igos/sourcecode

Langkah selanjutnya adalah meng-copy dan paste file arsip Phreedom (PhreedomR35RC3.zip) pada direktori root web (htdocs). Untuk itu jalankan Terminal. Pada terminal gunakan akses root dengan mengetikan perintah su. Kemudian, copy dan paste arsip aplikasi PhreedomR35RC3.zip pada direktori File System XAMPP tepatnya pada direktori /opt/lampp/htdocs. Selanjutnya masuk kedalam direktori htdocs dengan perintah cd /opt/lampp/htdocs/.
Untuk memastikan bahwa telah berada dalam direktori yang diinginkan pengguna dapat mengetikkan perintah pwd pada Terminal. Untuk memastikan bahwa file arsip PhreedomR35RC3.zip telah berada pada direktori tersebut ketikkan perintah ls -la PhreedomR35RC3.zip. Kemudian lakukan ekstraksi dengan memberikan perintah unzip PhreedomR35RC3.zip. Perintah selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Gambar Copy Paste Arsip, dan Ekstraksi PhreedomR35RC3.zip

Selanjutnya tunggu hingga proses ekstraksi selesai. Gambar berikut adalah gambar ketika proses ekstraksi sedang dilakukan.

Gambar Proses Ekstraksi PhreedomR35RC3.zip

Kemudian setelah proses ekstraksi, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi. Untuk melakukan instalasi buka web browser dan ketikkan alamat http://127.0.0.1/PhreedomR35RC3 kemudian web browser akan me-redirect pada halaman awal setup wizard. Pada halaman ini pengguna harus memilih Agree yang artinya menyetujui pernyataan lisensi yang telah dibaca sebelumnya. Jika sudah maka klik tombol Continue.

Gambar Menu Awal Instalasi (Setup Wizard)

Sebelum dapat melanjutkan proses instalasi user diminta untuk menyediakan sebuah database sebagai persyaratan instalasi. Untuk menambahkan sebuah database user hanya perlu login kedalam PHPMyAdmin dengan mengetikkan alamat http://127.0.0.1/phpmyadmin. Kemudian lakukan pembuatan nama database sesuai keinginan. Pada proses instalasi ini nama database yang digunakan adalah phreedom.

Gambar Membuat Database phreedom pada PHPMyAdmin

Bagi pengguna yang database-nya belum memiliki password (kosong) harus memberikan password agar dapat melanjutkan proses instalasi sebagai syarat keamanan. Password diberikan pada user root dan host localhost.
Gambar Pemberian Password pada User Database

Langkah selanjutnya adalah mengisikan form dengan benar sesuai dengan konfigurasi database, server, dan data-data administrator dan perusahaan yang benar. Jika sudah selanjutnya klik tombol Continue.
Gambar Pengisian Data Sesuai Konfigurasi dan Informasi yang Benar

Selanjutnya tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan. Jika telah selesai maka akan muncul pesan seperti gambar berikut ini. Kemudian klik tombol Go To Your Company untuk lanjut ke halaman utama aplikasi.
Gambar Proses Instalasi Selesai

Kemudian jika pengguna diminta untuk melakukan login maka gunakan username dan password yang telah dipilih sebelumnya dan klik tombol Login untuk melanjutkan.
Gambar Halaman Login

Jika proses Login berhasil, maka pengguna akan di-redirect menuju halaman utama Phreedom seperti gambar berikut ini.

Gambar Halaman Utama Phreedom

DAFTAR PUSTAKA
[1] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.


BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Pengertian Phreedom dan installasinya ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Tuesday, September 22, 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .