Monday, September 21, 2015

Panduan Instalasi Xampp Linux

Nama / NIM : I Gusti Ngurah Made Ardika / 1404505096
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : E-Application/E-Business dan Manajemen Jaringan dan Server

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

            Diharapkan pembaca dapat memperoleh pengetahuan mengenai cara instalasi XAMPP Linux, bagaimana pengoprasiannya, serta konfigurasinya.
1.      Tahap Persiapan
Sebelum memulai tahap instalasi dan konfigurasi XAMPP Linux, terlebih dahulu anda wajib mengunduh filenya. Pada contoh yang akan saya berikan sesuai dengan arsitektur komputer dan sistem operasi Linuk saya. berikut ditunjukan proses instalasi untuk xampp-linux-1.8.3-4-installer.run untuk 64 bit. Buka terminal (konsole) melalui menu aplikasi à perangkat Sistem à Konsole. Kemudian ketik su dan tekan Enter. Lanjutkan dengan mengetikan password root. Jika sudah maka akan terjadi perubahan dari $ menjadi #.
     Tanda # menyatakan sudah menjadi root. Sampai disini kita dapat untuk menginstalasi XAMPP linux.

2.      Instalasi XAMPP Linux
Asumsi masih dengan kondisi terminal sebagai root, selajutnya memmberikan hak akses eksekusi kepada file XAMPP linuk menggunakan perintah berikut (lokasi masih di /home/user-anda).
Dika-9# chmod +x xampp-linux-x64-1.8.3-4-installer.run

Kemudian melanjutkan dengan proses instalasi memberikan perintah berikut:
Dika-9# ./xampp-linux-x64-1.8.3-4-installer.run

Setelah perintah diatas dijalankan, timbulah menu GUI untuk proses instalasi XAMPP linux di layar. Diawali dengan tulisan logo Bitnami.

     Prose instalasi sangat mudah untuk XAMPP linuk memanfaatkan GUI yang disajikan didalamnya. Seperti menginstal software pada umumnya yang hanya perlu mengklik tombol Next, mencentang  dan menyetujui komponen yang akan diinstal, kemudian mengklik tombol Next, dan biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai.

     Kini proses instalasi dimulai oleh sistem. Proses instalasi XAMPP Linux akan megambil di /opt/lampp pada direktori sistem operasi Linuk. Biarkan proses ini berjalan dengan baik. Setelalh proses ekstraksi untuk instalasi XAMPP Linux telah selesai dilakukan, kemudian tekan tombol finish pada GUI yang disajikan. Kemudian XAMPP Linux akan menampilkan GUI untuk mengaktifkan ketiga layanan yang diberikan oleh XAMPP Linux. Secara default layanan web server sudah langsung diaktifkan oleh XAMPP Linux.

     XAMPP Linux juga menyajikan aplikasi web browser dengan halaman depan XAMPP Linux yang sudah memuat alamat lokal komputer anda dalam bentuk domain beserta dengan pilihan  bahasa untuk tatap mukan.


Demikianlah proses instalasi XAMPP Linux yang sangat mudah semoga bermanfaat dan membatu penulis dalam mendapatkan nilai yang maksimal dari bapak dosen yang budiman dan sangat bersahabat dengan mahasiswa Universitas Udayana


BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Panduan Instalasi Xampp Linux ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Monday, September 21, 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .