Saturday, January 25, 2014

Bioteknologi membuat kecap






kali ini saya sharing mengenai salah satu tugas sekolah mata pelajaran Biologi mengenai bab biteknologi, berharap tugas saya kali ini bisa dijadikan acuan dan menambah wawasan kita semua mengenai bioteknologi kusunya dalam pembuatan kecap, mari kita belajar sesuatu yang bisa dipelajari dan berbagi sesuatu yag bsa dibagi asalkan itu fositif, silahkan baca selanjutnya rekan-rekan saya yg budiman 
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah ini yang berjudul PEMBUATAN Kecap. Makalah ini berisikan tentang informasi mengenai PEMBUATAN Kecap atau yang lebih khususnya membahas tentang hal-hal yang menyangkut pembuatan Kecap. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, saya sampaikan terima kasih .Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membantu segala usaha kita. Amin.


BAB 1
BIOTEKNOLOGI KECAP

A.    PENGERTIAN KECAP

Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun adapula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu. Kecap termasuk bumbu makanan berbentuk cair, berwarna coklat kehitaman, serta memiliki rasa dan aroma yang khas.

B.   Sejarah Kecap

Kecap merupakan ekstrak dari hasil fermentasi kedelai yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain (gula, garam, dan bumbu) untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Cara pengolahan kecap diduga berasal dari daratan Cina, ditemukan lebih dari 3000 tahun yang lalu. Selanjutnya masuk ke Jepang dan negara lain di Asia, termasuk Indonesia. Saat ini industri kecap terbesar terdapat di Jepang, yaitu Kikkoman, dengan jenis kecap yang dihasilkan adalah shoyu dan tamari.Penerimaan masyarakat tertinggi terhadap kecap terjadi di Amerika Serikat. Hal ini dibuktikan oleh produksi kecap di AS yang mencapai 17,85 juta liter per tahun.

Diperkirakan total konsumsi tahunan kecap di AS sekitar 43,35 juta liter per tahun.Karena rasanya yang khas dan sangat disukai, kecap cepat dikenal di berbagai negara, terutama di negara belahan Timur dengan berbagai nama dan modifikasi dari segi penampakan, cita rasa, dan komposisinya. Kecap (soy sauce) dikenal di berbagai negara dengan nama yang berbeda. Misalnya shoyu di Jepang,chiang-yu (Cina), kanjang (Korea), toyo (Filipina), dan see-ieu (Thailand).

Kaya Asam Amino


Bahan baku utama kecap pada umumnya adalah kedelai. Hal ini memiliki keunggulan tersendiri karena kedelai memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, terutama protein dan karbohidrat.

Asam amino yang terdapat pada kedelai adalah leusin dan lisin. Keduanya merupakan asam amino yang sangat diperlukan oleh enzim pemecah kedelai untuk menghasilkan kecap dengan cita rasa yang enak, lezat, dan khas.

Jenis kedelai yang umum digunakan dalam pembuatan kecap adalah kedelai hitam dan kedelai kuning. Perbedaan tersebut hanya terletak pada ukuran biji dan warna kulit.

Kedelai hitam berukuran lebih kecil dibanding kedelai kuning, tetapi tidak ada perbedaan komposisi gizi di antara keduanya. Selain itu, perbedaan jenis kedelai tersebut tidak berpengaruh terhadap efektivitas fermentasi.

Kepopuleran kacang kedelai didasarkan pada nilai gizinya yang tinggi. Mutu protein kedelai termasuk paling unggul dibandingkan dengan jenis tanaman lain, bahkan hampir mendekati protein hewani. Hal ini disebabkan oleh banyaknya asam amino essensial yang terkandung dalam kedelai, seperti arginin, fenilalanin, histidin, isoleusin, leusin, metionin, treonin, dan triptopan.

Pada dasarnya ada dua jenis kecap yang utama, yaitu kecap cina dan jepang. Kecap cina berwarna lebih gelap dan lebih manis karena adanya penambahan gula tebu. Selain itu, kecap cina mempunyai berat jenis, kekentalan, dan kandungan nitrogen lebih tinggi. Namun, kecap jepang mempunyai kandungan asam amino, terutama asam amino glutamat, yang lebih tinggi.

Dari segi pembuatan, keduanya memiliki perbedaan dalam hal bahan baku dan teknologi. Kecap di Indonesia termasuk salah satu jenis kecap cina. Kecap cina menggunakan gula tebu, sedangkan kecap indonesia menggunakan gula palma. Secara umum kecap di Indonesia dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu kecap asin dan kecap manis. 

Kecap dapat diproduksi dengan tiga cara, yaitu fermentasi kedelai, hidrolisis asam, atau kombinasi dari keduanya. Kecap hidrolisis kurang populer dibanding kecap hasil fermentasi karena flavornya kurang baik.

Hal ini disebabkan selama proses hidrolisis, beberapa asam amino dan gula rusak, serta timbulnya senyawa off flavor seperti asam levulinat dan H2S dan beberapa komponen lainnya yang pada kecap fermentasi tidak terbentuk. Di Indonesia, pembuatan kecap pada umumnya dilakukan secara fermentasi.


C.      Manfaat Kecap Kedelai

Kecap kedelai merupakan bahan makanan yang sering digunakan sehari-hari . Kecap digunakan untuk berbagai macam masakan khas Indonesia, seperti sate dan semur. Kecap mengandung protein yang cukup baik karena memiliki asam amino yang cukup tinggi. Kecap juga mengandung zat gizi lain dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan protein , seperti lemak, karbohidrat,, vitamin, dan mineral.

Kecap yang kita konsumsi sehari-hari dibuat dengan cara fermentasi sehingga mempunyai aroma yang baik. Kecap itu dibuat dengan bantuan jamur/kapang Aspergillus oryzae, Aspergilus niger, Hansenula sp, dan Rhizopus sp. Selain itu kecap dapat juga di fermentasi menggunakan bakteri, yaitu Lactobacillus delbucki.

Bahan baku utama pembuatan kecap adalah kedelai.

Kedelai memiliki kandungan gizi cukup tinggi, terutama protein den serat. Ada dua jenis kedelai yang dapat dijadikan bahan baku pembuatan kecap, yaitu kedelai hitam dan kedelai putih.

Perbedaan tersebut hanya trletak pada ukuran biji dan warna kulit, yaitu kedelai hitam berukuran lebih kecil dibanding dengan kedelai putih. Namun, tidak ada perbedaan komposisi gizi di antara kedua jenis tersebut.

Di Indonesia dikenal dua jenis kecap, yaitu kecap manis dan kecap asin. Kecap asin dibuat dari air ekstrak kedelai, yaitu air rendaman kedelai yang mengandung garam dapur tanpa penambahan gula atau hanya ditambah sedikit gula

Sementara itu, kecap manis dibuat dari ekstrak kedelai yang ditambah dengan banyak gula.

Kecap memiliki manfaat dapat menambah cita rasa pada suatu masakan karena kecap memiliki aroma yang sedap dan khas. Bahan-bahan yag terdapat di kecap juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita.


D.    Macam – Macam Kecap

1.      Kecap Jamur

Kecap jamur lebih encer daripada kecap manis. Dibuat dari jamur cincang, garam, kembang pala, bumbu ngohyong, jahe, bawang putih,kayumanis, dan brown malt vinegar.Jamur dilumuri garam, lalu diamkan selama 24 jam. Jamur dicuci bersih lalu dikeringkan, kemudian direbus dengan semua bahan lainnya. Lalu dikemas dalam botol yang sudah disterilkan. Kecap jamur digunakan pada pembuatan ayam bakar, saus jamur, juga aneka tumisan, dan sup. Kecap jenis ini memiliki aroma jamur yang khas sehingga dapat membuat hidangan jadi lebih kaya aroma

2.      Kecap Ikan

Kecap ikan atau fish sauce dibuat dari fermentasi ikan dengan garam. Sebutan bagi kecap ikan di negara-negara ASEAN juga berbeda : petis dari udang (Indonesia), nam pla dari ikan kecil Clupeidae (Thailand), patis dari udang (Filipina), shottsuru dari ikan sarden, hering, atau sisa limbah pengolahan ikan (Jepang), dan nuoc mam (Vietnam). Keunikan kecap ikan adalah rasanya yang asin dan berbau ikan. Pengolahannya, dengan cara menggarami ikan yang telah dihaluskan, lalu disimpan dalam wadah tertutup rapat selama beberapa bulan. Cairan yang dihasilkan disaring, lalu dikemas dalam botol steril dan dipasteurisasi. Di Vietnam kecap ikan (nuoc mam) dibuat dari ikan kecil-kecil yang telah dihaluskan, digarami, lalu disimpan dalam wadah dari tanah, lalu ditanam dalam tanah selama beberapa bulan. Semua masakan dapat ditambahkan nuoc mam, untuk menambah kelezatan rasa masakan.

3.      Kecap Asin

Ada dua macam: kecap asin berwarna gelap dan kecap asin berwarna terang. Keduanya digunakan untuk memberi rasa khas bagi hampir segalam makanan China. Kecap asin gelap lebih kental dan rasanya lebih kuat, sedangkan yang berwarna terang lebih encer dan kurang kuat dalam memberi rasa.

4.      Kecap Inggris

Kecap inggris (worcestershire sauce atau worcester sauce) adalah saus berbentuk cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan aroma yang harum. Kecap inggris dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih.Kecap inggris merupakan penyedap utama untuk masakan daging sapi dan berbagai macam makanan yang dimasak maupun tidak dimasak.

D.  PROSES PEMBUATAN KECAP KEDELAI

1. Alat dan Bahan

Alat :

·        Tampah

·        Kompor

·        Panci

·        Kain saring

·        Botol

·        Sendok

·        Basom

·        Pengaduk
    

Bahan:

·        Kedelai hitam

·        Air

·        Bumbu (daun saalm, daun jeruk. Engkuaskemiri, wijen)

·        Garam

·        Jamur (laru)



2. Prosedur pembuatan kecap kedelai

1.      Penyortiran

Menyiapkan biji kedelai hitam yang tua. Bebas dari sisa tanaman batu, kerikil, tanah, biji kedelai tidak luka, bebas serangan hama dan penykit, tidak memar atau rusak, kulit biji tidak keriput. Caranya biji kedelai diletekan pada tampah kemudian di tampi.

2.      Pencucian

Setelah disortir, kedelai dicuci dengan air bersih. Tujuannya agar kotoran – kotoran yang masih melekat atau tercampur dapat hilang.

3.      Perebusan

Perebusan dilakukan selama 2  jam. Caranya biji kedelai dimasukan ke dalam panci kemudian direbus dengan kompor. Banyaknya air dalam perebusan sampai terendam atau sekitar 2,5 kali volume bahan. Tujuannya agar mendapatkan biji kedelai yang lunak dan kulitnya mudah dikupas.

4.      Penirisan

Penirisan dilakukan  dengan menggunakan kalo selama 0,5 – 1 jam sampai kedelai dingin.

5.      Penjamuran

Setelah kedelai dingin dilakukan penjamuran menggunakan laru kecap dengan perbandingan 1 kg bahan membutuhkan 1 gram laru  jenis Rhizopus. Sp.

6.      Penggaraman

Biji kedelai yang telah berjamur dimasukan dalam larutan garam 20 %. Maksudnya mencampur 200 gram garam kedalam air 1 liter. Sebagai patokan untuk 1 kg bahan membutuhkan  4 liter larutan garam 20 %.

7.      Penyaringan I

Selanjutnya dilakukn penyaringan  dengan menggunakan kalo. Hasil utamanya berupa filtrat, sedangkan hasil sampingnya berupa ampas.

8.      Perebusan II

Sebelum direbus, kedalam filtrat ditambahkan gula kelapa yang dicairkan, bumbu-bumbu penyedap dan air bersih. Sebagi patokan  untuk 1 liter filtrat membutuhkan 2 kg gula kelapa yang telah dicairkan atau larutkan dalam 0,5 liter air.

9.      Penyaringan II

Selanjutnya dilakukan penyaringan II dengan menggunakan kain penyaring.

10.  Pembotolan

Pembotolan dengan menggunakan botol yang bersih. Kemudian cairan kecap dimasukan ke dalam botol dan di  tutup rapat.

Catatan :

1)      Pemberian jamur harus sesuai jumlahnya dengan banyaknya kedelai, agar tidak menimbulkan kegagalan jamur yang tumbuh.

2)      Setelah direbus dan ditiriskan, kedelai harus didinginkan dengan sempurna. Bila tidak, jamur yang ditebarkan diatasnya akan mati.

3)      Bahan baku untuk pembuatan kecap, selain dari kacang kedelai dapat juga dari biji kecipir, dengan proses pembuatan yang sama.

E.     PENANGANAN LIMBAH KECAP

Produk buangan dari produksi kecap berupa limbah padat yang berupa ampas kedelai dan bumbu serta campuran semi kecap, sedangkan limbah cair berupa air buangan sisa pencucuian alat/mesin produksi dan air sisa rebusan kedelai. Limbah cair yang dihasilkan apabila di buang  diharapkan memenuhi persyaratran untuk dibuang ke lingkungan. Beberapa tahap yang dilakukan dalam pengolahan limbah supaya tidak mencemari lingkungan adalah :

1.      Koagulasi

Proses koagulasi adalah proses pemberian koagulan (contoh: Tawas, PAC) dengan maksud mengurangi gaya tolak-menolak antar partikel koloid sehingga partikel koloid bisa bergabung menjadi flok-flok kecil.

2.      Flokulasi

Proses pemberian flokulan dengan maksud menggabungkan flok-flok kecil yang telah terbentuk pada proses sebelumnya sehingga menjadi besar dan mudah untuk diendapkan. Dalam proses flokulasi mengalami pengadukan lambat memberikan kesempatan flok-flok kecil menjadi semakin besar dan mencegah pecahnya kembali flok-flok yang telah terbentuk.

3.      Kolam Biologis

Kolam ini digunakan untuk mengencerkan hasil saringan air setelah mengalami proses koagulasi dan flokulasi. Setelah melalui kolam biologis, air dibuang ke saluran air/lingkungan. Industri telah memastikan bahwa air limbah buangan aman bagi lingkungan sekitar, dan sampai sekarang tidak ada keluihan warga sekitar mengenai aktivitas industri tersebut.Sedangkan apabila dimanfaatkan menjadi pupuk organik cair, harus ada perlakuan khusus, dibawah ini adalah diagram pembuatan pupuk organik cair :

4.      Pembuatan pupuk organik cair

Dari 100 kg kedelai hitam kering, menghasilkan air limbah kotor dari bekas perendaman dan rebusan kedelai sebanyak 499 liter air kotor berasal dari bekas pencucian dan 200 liter air kotor bekas air rebusan, jadi keseluruhan 699 liter. Langkah –langkah dalam pembuatan limbah cair tersebut adalah menyiapkan wadah  seperti drum, kemudian masukan rumput hijau kedalam drum tersebut, selanjutnya masukan rumput hijau dan air kotor bekas pencucian serta air kotor bekas rebusan kedelai hingga rumput terendam seluruhnya. Selanjutnya tambahkan EM4(2 cc/liter) dari jumlah air, diaduk hingga merata, kemudian tutup dan biarkan selama 7-14 hari. Tahap selanjutnya dilakukan penyaringan yang bertujuan untuk mendapatkan pupuk organik cair yang jernih. Kemudian dikemas dalam botol dan siap untuk digunakan. Pupuk ini digunakan untuk tanaman  buah agar tumbuh maksimal karena didalam  mengandung unsur-unsur yang dirombak. EM4 adalah kultur campuran dari organisme mikro yang terdiri dari bakteri Lactobacillus, Actinomyces, Streptomyces, ragi jamur dan bakteri fotosintetik yang bekerja saling menunjang dalam proses dekomposisi bahan organik .

Proses dekomposisi bahan organik dengan inokulasi EM4 berlangsung secarafermentasi baik dalam keadaan aerob dan anaerob. Proses ini akan menghasilkan senyawa-senyawa organik berupa asam amino, asam laktat, gula, alkohol, vitamin, protein dan senyawa organik lainnya yang dapat mengikat ion-ion yang dibutuhkan oleh tanaman. Ion-ion tersebut berada dalam keadaan stabil (antioksidan) sehingga mudah diserap oleh tanaman (Higa dan Wididana, 1996). Untuk mengatasi masalah pH pada tanah masam biasanya dilakukan pemberian kapur. Pemanfaatan kapur yang kemudian disusul dengan pemberian abu limbah pertanian akan memberikan hasil yang baik.

BAB 6
Penutup

        Dari hasil pengamatan kami Bioteknologi memerlukan suatu keuletan dan ketekunan sendiri supaya hasilnya tidak berantakan dan sempurna karena Bioteknologi menggunakan berbagai microorganisme yang di gunakannya atau di pakainya tidak boleh asal-asalan .
Bioteknologi yang kami amati yaitu Bioteknologi konvensional yang sangat sederhana. Beda dengan Bioteknologi modern yang cara, bahan, maupun pembuatannya di gunakan dengan alat-alat yang sudah canggih namun microorganismenya sama dengan microorganisme konvensional.

        Dalam kehidupan sehari-hari Bioteknologi bisa kita jumpai dalam makanan, minuman, penyedap, dan obat-obatan.

        Demikian hasil pengamatan kami yang kami peroleh dari berbagai media yang di satukan oleh kami menjadi suatu kliping yang semoga berguna bagi siapa saja yang membaca. Kurang lebihnya yang bisa kami lakukan kami ucapkan banyak terima kasih.

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : Unknown ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Bioteknologi membuat kecap ini diposting oleh Unknown pada hari Saturday, January 25, 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

6 komentar:

wah..mantap ni gan..bisa diprktekkan.mksih ats ilmunya

matap bisa buat kecap sendiri ni..

Tyson Furry Tantang Anthony Joshua

http://www.football-images.net/2014-10-24/617d737de59b077975b843aed0d1e199.jpg
Agen Bola Terpercaya indo11.com melaporkan, Tyson Fury tampaknya tidak pernah lelah untuk terus menebar perang urat saraf terhadap para pesaingnya. Terbaru, petinju kelas berat belum terkalahkan asal Inggris itu mulai mengirimkan serangan kepada bintang baru kelas berat Negeri Elizabeth, Anthony Joshua.

Melalui akunnya, Fury menantang Joshua untuk bertarung pada Desember nanti, atau setelah dia menghadapi juara EBU yang juga berasal dari Inggris, Dereck Chisora, 30 November 2014.

"Saya menantang @anthonyfjoshua, @EddieHearn untuk bertarung pada Desember, setelah saya menghancurkan Chisora," kicau Fury. "Jika kamu tidak mau bertarung, katakan maaf dengan memberi mention kepada saya."

Fury bercerocos jika dia tidak membutuhkan waktu lebih dari tiga ronde untuk merobohkan Joshua.Meski sempat mendapatkan hukuman denda dari badan tinju Inggris Raya atas perkataan yang tidak pantas, Fury tampaknya masih belum kapok. Petinju 26 tahun itu tetap saja mengungkapkan perkataan yang kasar, bahkan dia juga mengunggah foto editan konyol yang ditujukan kepada David Price dan beberapa petinju kelas berat Inggris lainnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, promotor Joshua, Eddie Hearn menanggapi celotehan Fury dengan mengatakan bahwa Joshua yang akan mengkanvaskan petinju dengan tinggi 206cm itu.

Jurnalis Spanyol Sebut Messi Pernah Tolak Tawaran Menggiurkan Inter Milan

http://www.football-images.net/2014-10-24/807d93004b06fa082b61a811f4e88cd0.jpg
Agen Bola Terpercaya indo11.com melaporkan, Jurnalis sepakbola kenamaan Spanyol, Guillem Balague mengungkapkan fakta menarik mengenai kebersamaan Lionel Messi danBarcelona. Dalam tulisannya, Balague bercerita bahwa Messi pernah hampir meninggalkan Barca setelah mendapatkan tawaran masif dari Inter Milan pada tahun 2005.

Presiden Barca kala itu, Joan Laporta disebut tak bisa berbuat banyak untuk menahan Messi mengingat tingginya tawaran yang diberikan oleh Inter. Pada akhirnya, Laporta mengatakan satu hal yang cukup krusial kepada ayah Messi, Jorge, yang pada akhirnya terbukti berhasil menahan kepergian La Pulga.

"Kami tak bisa menawarkan uang sebanyak Inter kepada anakmu, namun kami bisa menggaransi kejayaan dan juga rasa cinta dari klub ini," ungkap Laporta, seperti ditulis Balague.

Selain Inter, rival abadi Barca, Real Madrid juga saat itu terus memonitor perkembangan Messi yang masih berstatus pemain pelapis di Camp Nou. Direktur Olahraga Madrid, Jorge Valdano benar-benar menaruh minat kepada pemain asal Argentina tersebut.

Durant Akan Persiapkan Diri Sebelum Tampil

http://www.football-images.net/2014-10-24/235300f7a3fac4e712fa01a629ab4b1c.jpg
Agen Bola Terpercaya indo11.com melaporkan, Bintang Oklahoma City Thunder, Kevin Durant menegaskan bahwa dia tidak akan terburu-buru kembali ke lapangan saat telah pulih dari operasi untuk menyelesaikan masalah cedera Jones fracture di kaki kanannya.

Pemain berusia 26 tahun itu berbicara kepada media untuk kali pertama sejak menjalani operasi, dan dia optimistis dengan kondisi yang ada saat ini. "Semuanya ini mengalami kemajuan, dan saya tak sabar untuk beberapa minggu berikutnya menjadi lebih baik," ucap Durant.

"Saya tidak akan terburu-buru untuk itu semua. Itu satu hal yang tidak ingin saya lakukan. Saya yakin saya akan merasa lebih baik dalam dua atau tiga minggu, tapi pasti tidak ingin terburu-buru dan bahkan justru cedera lebih parah," imbuhnya.

Durant membukukan rata-rata 32 poin, 7,4 rebound dan 5,5 assist dalam 81 pertandingan musim lalu, tapi dia bakal absen antara enam sampai delapan minggu ke depan karena cedera yang dialaminya saat ini.

Bioteknologi Membuat Kecap ~ Dika Site >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Bioteknologi Membuat Kecap ~ Dika Site >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Bioteknologi Membuat Kecap ~ Dika Site >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK Ta

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .