Wednesday, September 16, 2015

Over The Top (OTT)

Nama / NIM : I Gusti Ngurah Made Ardika / 1404505096
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Menajemen Jaringan dan Server

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

Definisi Over The Top
Definisi Over The Top (OTT) didefinisikan sebagai teknologi informasi di bidang pendekatan dan pemodelan (yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi dan layanan aplikasi) untuk video dan audio streaming, messaging (kirim terima pesan instan), dan jejaring sosial, memanfaatkan koneksi internet dari provider (dalam hal ini operator/telco) dan berbasis mobile. Over The Top (OTT) berjalan di Application Layer, layer teratas pada pemodelan layer TCP/IP maupun OSI.

Jenis Aplikasi atau Layanan Over The Top (OTT)
Layanan Over The Top adalah layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Bisa dikatakan juga layanan OTT adalah “menumpang” karena sifatnya yang beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi. Jenis ini mencakup tiga buah katagori utama, yaitu :
1.      Social Network dan Social Media
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengna katagori Social Network dan Social Media ini menekankan pada layanan jejearing sosial (Social Network) dan media sosial (Social Media). Dengan aplikasi dan layanan ni, para pengguna dapat saling berinteraksi, berdiskusi, berbagi data, informasi, dan file didalamnya. Social Media disini lebih mengacu kepada media yang disediakan oleh pengembang aplikasi atau penyedia layanan kepada pengguna, untuk memberikan pengguna ruang dan media bersosialisasi secara online, memanfaatkan jaringan komputer (berhubungan dengan internet) dan berbasis OTT (Over The Top) melalui perangkat mobile atau perangkat terhubung lainnya. Social Network muncul sebagai bentuk hubungan antar pengguna Social Media, yang saling berinteraksi satu sama lain, membentuk sebuah jaringan (network) sosial. Terdapat tujuh buah subkatagori untuk Social Network dan Social Media, yaitu :
1.      Social Connection
Mengkhususkan pada koneksi dengan teman, keluarga, maupun berkenalan dengan siapapun di internet. Fitur utama secara umum meliputi pertemanan, kirim terima pesan, membuat grup diskusi dan gabung ke dalam grup diskusi, membuat status, serta Micro Blogging.

2.      Multimedia Sharing
Dikhususkan untuk berbagi file-file multimedia. File-file tersebut berupa file gambar, audio, dan video melalui internet. Secara umum fitur yang disediakan pada katagori multimedia sharing antara lain berupa penyediaan fasilitas untuk mengirim dan menanggapi komentar, pemberian rate, berbagi dalam bentuk alamat.

3.      Profesional
Dikhususkan untuk para pekerja yang memiliki keahlian, minat, dan bidang kerja yang sama maupun berbeda. Fitur utama yang diberikan pada pengguna antara lain berupa penyediaan fitur utama menambah relasi berdasarkan kesamaan, komunikasi melalui pesan teks, berbagai ke khalayak melalui URL internet, dan lain-lain.

4.      Informational
Dikhususkan untuk saling berbagi informasi kepada khalayak maupun sesama member pada komunitas di dalam jejaring sosial dan media sosial katagori Informational ini. Secara umum, fitur dan layanan yang disediakan berupa fasilitas untuk pencarian, penyediaan katagori untuk setiap berita yang disajikan, penyediaan katagori untuk setiap berita, dan lainnya.

5.      Educational
Dikhususkan untuk membantu proses edukasi, khususnya pembelajaran jarak jauh. Fitur yang disajikan secara umum antara lain penyedia materi, ruang atau kelas online, jadwal, video confrence.

6.      Hobbies
Dikhususkan untuk para pengguna dengan hobi yang sama, untuk dapat berdiskusi dan berbagi. Fitur utama yang disajikan pada jejaring sosial dan media sosial katagori Hobbies ini secara umum meliputi forum, blog, sharing, update informasi atau berita.

7.      Academic
Dikhususkan untuk para akademisi, sehingga memudahkan mereka di dalam berbagai materi pendidikan ke dalam paper, jurnal. Adapaun fitur yang disajikan secara umum antara lain berupa searching, unduh paper, baca paper online.

2.      Messaging
Katagori ini menekankan pada layanan kirim dan terima pesan secara cepat. Adanya aplikasi ini memudahkan di dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara massal. Bukan hanya komunikasi dalam bentuk teks, tapi juga komunikasi melalui video telah memulai didukung seiring dengan maujnya teknologi dan dukungan internet yang memadai. Hal lainnya adalah kemudahan di dalam pertukaran data, informasi, gambar, dan video melalui layanan messaging ini. Mengingat bahwa sebagian besar layanan dan aplikasi berbasis OTT (Over The Top) berada pada platform monile, maka sebagian diciptakan untuk dapat mendukung sistem operasi mobile. Misalkan saja menggunakan bahasa pemrograman Java da konsep socket programming.

3.      Streaming Audio Video
Katagori aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) untuk katagori streaming audio dan video, menekankan kepada jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna. pengguna dapat menggunakan aplikasi mobile maupun desktop. Pada aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) untuk katagori streaming audio dan video ini, beberapa hal di dalam pengembangannya yang perlu di ketahui antara lain :
1.      Kualitas layanan dari sudut pandang penyedia layanan melalui QoS (Quality of Service).
2.      Kualitas layanan dari sudut pandang pengguna layanan melalui QoE (Quality of Experience).
3.      Socket programming, port, ID Address, yang menjadi syarat di dalam koneksi jaringan komputer.
4.      Pemahaman mengenai protokol-protokol yang digunakan di dalamnya misalkan saja UDP (User Datagram Protocol) dan RTP (Real Time Protocol).

Contoh Over The Top (OTT)
1.      YAHOO
Berdasarkan http://info.yahoo.com/ dapat diketahui bahwa Yahoo merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak di bidang layanan surat elektronik (E-mail), mesin pencari (search engine), berita (news), sharing foto, DLL. Yahoo menyediakan subdominant sesuai negara masing-masing. Aplikasi-aplikasi berbasis OTT dari yahoo dalam versi mobie dapat anda akses di http://id.mobile.yahoo.com/

2.      GOOGLE
Berdasarkan http://www.google.com/about/company/ , dapat diketahui bahwa google merupakan salah satu perusahaan IT dunia yang bergerak dibidang layanan mesin pencari (search engine), surat elektronik (E-mail), apikasi perkantoran dan penyimpanan berbasis Cloud (Google Doc dan Google Drive), layanan sumber kode terbuka (Code Google), jejaring social (G+), kacamata pintar memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan Cloud Computing (Google Glasess), DLL. Aplikasi-aplikasi berbasis OTT yang disajikan oleh Google dalam bentuk aplikasi mobile dapat anda akses melalui http://www.google.co.id/intl/id_ALL/mobile/google-mobile-app/

3.      YOUTUBE
Berdasarkan pada halaman http://www.youtube.com/yt/about/ , dapat diketahui bahwa Youtube merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak dibidang layanan streaming audio, video dan jejaring social. Konten utama adalah audio dan video dalam bentuk layanan streaming namun seiring berjalannya waktu, layannnya ditambahkan dalam bentuk jejaring sosial. Contoh aplikasi berbasis OTT yang disajikan yaitu layanan streaming melalui Youtube pada platform mobile dapat diakses pada halaman http://www.youtube.com/yt/devices/ .

4.      FACEBOOK
Berdasarkan halaman http://www.facebook.com/facebook/info , dapat diperoleh informasi bahwa facebook merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak di bidang layanan jejaring sosial (social network), yang kemudian menjadi sebuah platform tersendiri dalam sebuah layanan berbasis Cloud Computing. Facebok bukan hanya mendukung sosial media dan sosial network tapi juga mendukung layanan Cloud Computing dimana setiap orang dapat ikut serta membuat aplikasi dengan mengikuti platform yang dienukan oleh facebook. Facebook menyediakan layanan multibhasa. Informasi mengenai mobile berbasiskan OTT untuk platform mobile, dapat anda akses pada halaman http://www.facebook.com/mobile .
5.      Twitter
Twitter merupakan sebuah perusahaan IT kelas dunia yang menawarkan layanan dan aplikasi berbasis OTT dibidang jejaring sosial, micro blog, baik pada platform desktop atau mobile. Informasi penting tentang twitter dapat diakses dihalaman http://about.twitter.com/ . Twitter juga menyediakan sejumlah informasi dan layanan aplikasi berbasis mobile yang dapat diakses di http://about.twitter.com/download .

6.      MySpace (http://www.myspace.com/)
Sebelum adanya Facebook dan Friendster, MySpace memiliki tempat tersendiri di hati para pengguna internet. Fitur yang disediakan oleh MySpace juga tidak kalah hebat dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh kompetitor lainnya

7.      Mindtalk (www.mindtalk.com)
Mindtalk merupakan jejeraing sosial buatan anak bangsa yang menekankan pada minat yang sama. Di dalamnya disediakan beragam channel yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera kita. Bahkan kita dapat juga membuat sendiri channel kita.

8.      Flickr (http://flickr.com/)
Flickr menyajikan layanan multimedia kepada pengguna berupa foto-foto digital, dalam bentuk layanan berbasis web. Layanan multimedia berupa foto digital ini memanfaatkan konsep kompresi di dalam jaringan komputer.

9.      Picasa (http://picasa.google.com/)
Picasa tidak hanya menyediakan layanan dalam bentuk web, tapi juga tersedia sebagai aplikasi client di perangkat mobile dan komputer desktop. Aplikasi client picasa ini akan memudahkan para pengguna internet untuk mengunggah file gambar digital mereka ke internet secara cepat dan mudah.

10.  LinkedIn (http://www.linkedin.com/)
Merupakan jejaring sosial katagori profesional terbesar di dunia, yang menyediakan beragam informasi bersifat User Generated, terkait dengan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan ini disajikan menyerupai Curiculum Vitae, yang juga bermanfaat untuk membantu dalam mencari kerja atau menambah pengalaman dan nilai jual bisnis dan pekerjaan kita.

11.  Classroom (http://www.classroom20.com/)
Berbasiskan Web 2.0, classroom menyediakan banya sekali bahan diskusi, forum, konten, yag dapat digunakan secara bersama-sama untuk didiskusikan. Classroom, sebagaimana LinkedIn, bersifat umum untuk semua profesi.

12.  Nurse Connect (https://www.nurseconnect.com/)
Nurse Connect merupakan Social Network yang dikhususkan untuk profesi nurse. Melalui jejaring sosial Nurse Connect ini, para perawat dapat saling berhubungan dan berdiskusi sesuai dengan keprofesian perawat.

13.  LINE
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. Penggunaan LINE dapat digunakan pada berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry OS bahkan Computer Mac OS X dan Microsoft Windows. LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. Aplikasi dapat di download pada situs resmi LINE, BlackBerry App World, Google Play, App Store, atau Windows Marketplace .

LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi anda. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan anda. Koneksi Koneksi LINE dilakukan dengan menggunakan jaringan internet apapun yang digunakan perangkat host. Nomor HP dan User ID sebagai PIN LINE menggunakan nomor handphone sebagai teman kontak di LINE.
Semua nomor handphone dalam kontak smartphone anda akan langsung menjadi teman anda. Chat dapat dilakukan dengan sesama teman yang menggunakan aplikasi LINE ini. Selain menggunakan nomor, user ID juga disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE anda.
Tambah Teman
Untuk menambah teman LINE, selain dengan cara menyimpan nomor handphone teman Anda, penambahan teman dapat dilakukan dengan fitur Shake It. Cara menggunakan fitur ini hanya dengan menggoyangkan smartphone anda dan teman anda dengan jarak yang dekat. Selanjutnya, menambahkan teman LINE dengan cara mengetikkan user ID teman Anda yang telah dibuatnya. Dengan user ID, anda tidak perlu menambahkan menambahkan teman LINE dengan menyimpan nomor handphone teman Anda.

Tampilan
Untuk tampilan LINE, anda dapat mengganti tampilan chat room sesuai dengan selera di anda.
Pengaturan
Pada bagian Setting, anda dapat mengatur Basic Setting dan Privacy Setting. Pada Basic Setting anda dapat mengatur notifikasi pesan baru dan undangan masuk group. Notifikasi dapat dipilih berupa Pop-up, suara saja, atau keduanya. Terdapat tiga pilihan ukuran huruf, pilihan kecil, sedang, dan besar. Pada bagian privacy settings, anda dapat menggunakan pseudonim atau nama panggilan untuk ditampilkan pada profil anda.

Group Chat
LINE juga menyediakan fitur group chat yang dapat anda buat sendiri. Dengan kapasitas hingga mencapai 200 orang, anda dapat leluasa mengundang teman-teman anda untuk masuk dalam group chat. Melalui group chat anda dapat mengirim pesan secara serentak kepada teman-teman anda yang terdaftar dalam group.

Fitur-fitur
LINE menawarkan fitur-fitur unggulan, yaitu:
·         Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
·         Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll.
·         Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
·         Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.

Kelebihan
·         Line menyediakan Blocked List sehingga pengguna dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam kontak Line pengguna
·         Merupakan aplikasi lintas platform
·         Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna untuk digunakan dalam obrolan.

Animasi
Aplikasi ini telah mengilhami dua anime & tujuh animasi, menjadi satu animasi yang normal-panjang (23-26 menit per episode, ditayangkan satu per minggu) dan animasi web. Anime ini memiliki karakter dari stiker nya: Moon, James, Brown, dan Cony.

LINE Offline
LINE Offline salaryman adalah anime web yang memiliki panjang 5 menit per episode dengan teknologi 3D. Kisah diatur di kantor LINE Corporation fiksi dan karakternya adalah salaryman.


Sumber : Handbook Jaringan Komputer - I Putu Agus Eka Pratama, Penerbit Informatika

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Over The Top (OTT) ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Wednesday, September 16, 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .