Wednesday, September 16, 2015

IOT (Internet of Things)

Nama / NIM : I Gusti Ngurah Made Ardika / 1404505096
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Menajemen Jaringan dan Server

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

IOT (Internet of Things)
Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari internet yang tehubung secara terus-menerus. Pada dasarnya IoT mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet.

Definisi lain Internet of Things :
    Casagras (Coordination and support action for global RFID-related activities and standardisation)
Mendefinisakan Internet of Things, sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi.
    SAP (Systeme, Anwendungen, und Produkte)
Mendefinisikannya bahwa Dunia di mana benda-benda fisik diintegrasikan ke dalam jaringan informasi secara berkesinambungan, dan di mana benda-benda fisik tersebut berperan aktif dalam proses bisnis.
    CORDIS
Rencana aksi untuk Uni Eropa untuk memperkenalkan pemerintahan berdasarkan Internet of Things.
    ETP EPOSS
Jaringan yang dibentuk oleh hal-hal atau benda yang memiliki identitas, pada dunia maya yang beroperasi di ruang itu dengan menggunakan kecerdasan antarmuka untuk terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna, konteks sosial dan lingkungan.

Cara kerja Internet of Things :
Cara Kerja Internet of Things yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun.Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

Karakteristik
    Kecerdasan
Kecerdasan intelejensi dan kontrol automatisasi di saat ini merupakan bagian dari konsep asli Internet of Things
    Arsitektur
Arsitektur Internet Of Things terdiri atas beberapa jaringan dan sistem yang kompleks serta sekuriti yang sangat ketat.
    Faktor ukuran, Ruang dan Waktu
Di dalam membangun Internet Of Things para engineer harus memperhatikan ketiga aspek yaitu : Ukuran , ruang , dan waktu. Dalam melakukan pengembangan IOT faktor Waktu yang biasanya menjadi kendala.Biasanya dibutuhkan waktu yang lama karena menyusun sebuah jaringan kompleks di dalam IOT tidak lah mudah dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang.
Teknologi Internet of Things dibagi kedalam 9 sektor, yaitu :
·         Sektor Pembangunan
·         Sektor Energi
·         Sektor Rumah Tangga
·         Sektor Kesehatan
·         Sektor Industri
·         Sektor Transportasi
·         Sektor Perdagangan
·         Sektor Keamanan
·         Sektor Teknologi dan Jaringan
·          
Materi Tambahan

WoT (Web of Things)
Web of Things (atau WOT) adalah sebuah konsep dan rencana untuk sepenuhnya memasukkan benda-benda fisik ke dalam World Wide Web dengan memberi mereka API, sehingga sangat membantu penciptaan profil virtual mereka serta terintegrasi agar dapat digunakan kembali untuk berbagai aplikasi. Web of Things merupakan evolusi dari Internet of Things.
Sifat dari Web of Things adalah sebagai berikut :
    Menggunakan HTTPsebagaiprotokol aplikasibukan sebagaiprotokol transportseperti yang dilakukan diduniaWeb Services
    Memaparkanfungsisinkronobjek pintarmelalui Rest interface(juga dikenal sebagai tenang API) dan lebih menghormaticetak biruArsitekturSumberdaya-
    Mengeksposfungsionalitasasynchronousobjek pintarmelalui penggunaan yang sebagian besarditerimastandar WebsepertiAtomatau mekanismeWebserver-pushsepertiComet.


Karakteristik ini memastikan loose-coupling dari layanan yang disediakan oleh objek pintar, lebih jauh lagi mereka menawarkan antarmuka seragam untuk mengakses dan membangun fungsi be

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel IOT (Internet of Things) ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Wednesday, September 16, 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .