Tuesday, September 15, 2015

E-Commerce

Nama / NIM : I Gusti Ngurah Made Ardika / 1404505096
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : E-Application/E-Business

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai e-commerce yang merupakan tugas ke-2 dari mata kuliah e-business.
A.      Defenisi E-Commerce
E-Commerce sendiri memiliki beberapa definisi seperti berikut ini :
1.        Kim dan Moon (1998) menyatakan bahwa E-Commerce adalah proses untuk mengantarkan informasi, produk, layanan, dan proses pembayaran, melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainya.
2.        Baourakis, Kourgiantakis, dan migdalas (2002) menyatakan bahwa E-Commerce merupkan bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet
3.        Quayle (2002). E-Commerce di definisikansebagai berbagi bentuk pertukaran data elektronik yang melibatkan penjualan dan pembeli melalui perangkat mobile, E-mail, perangkat terhubung mobile, di dalam jaringan internet dan internet.
Dan masih bnyak lagi definisi yang disampaikan oleh berberapa ilmuan lainnya yang tidakk dapat saya tulis secara keseluruhan

B.       Empat Komponen Penting di dalam E-Commerce
E-Commerce  memiliki alur kegiatan secara umum yang melibatkan empat komponen. Keempat komponen ini meliputi :
1.      Penjual.
Pihak penjual bisa berupa pemilik toko online bersangkutan atau sejumlah pelaku usaha
2.      Konsumen
Merupakan pihak yang memegang peran penting di dalam jalannya E-Commerce.   Sebagaimana pasar dan transaksi langsung di dunia nyata, pada E-Commerce pun konsumen adalah raja.
3.      Teknologi
Teknologi ini mencakup semua teknologi informasi terkini yang digunakan di dalam jalannya E-Commerce. Dimulai dari teknologi web, aplikasi mobile, keamanan transaksi, dukungan Cloud Computing, ERP, CRM, POS, dukungan kurs mata uang dan bahasa seluruh negara di dunia, Geografphic Information System (GIS), dan sebagainya
4.      Jaringan Komputer (Internet)
Hal yang paling penting ialah ketersediaan jaringan komputer, khususnya internet. Sehingga mampu melayani seluruh pengguna di seluruh dunia. Bayangkan kemudahan yang diberikan E-Commerce. Cukup dengan sebuah komputer dan koneksi internet , siapapun dapat menjadi penjual maupun pembeli serta melakukan tranasaksai jual beli dengan cepat, mudah, murah, dan lebih hemat.

C.       Bentuk-bentuk E-Commerce.
1.      Berdasarkan pelaku di dalamnya
E-Commerce di bedakan menjadi tujuh jenis berdasarkan siapa saja pelaku yang terlibat di dalamnya, bagaimana interaksi antara pembeli dan penjual, serta proses yang terjadi didalamnya. Ada empat jenis katagori di dalam E-Commerce tersebut meliputi
a.         E-commerce Business to Business (B2B)
b.        E-Commerce Rentail atau Business to Customer (B2C)
c.         E-Commerce Customer to Business (C2B)
d.        E-Commerce Customer to Customer (C2C)
e.         Business to goverment (B2G)
f.         Goverment to Business (G2B)
g.        Goverment to Citizen (G2C)

C2B dan C2C merupakan dua buah penambahan baru di dalam jenis E-Commerce, muncul sebagai dampak dari makin pesatnya kemajuan teknologi, yang turut mempengaruhi E-Commerce.

2.      Berdasarkan produk yang dijual
Berikut ini disajikan tiga jenis E-Commerce berdasarkan wujud dari produk yang di jual kepada konsumen. Ketiga jenis E-Commerce meliputi :
a.         E-Commerce Physical Good
E-Commerce Physical Good merupakan E-Commerce yang fokus di dalam menjual produk fisik secara online. Barang-barang ini dapat berupa pakaian, makanan, minuman, peralatan elektronik, pernak pernik dan sebagainya.
b.        E-Commerce Digital Good
E-Commerce ini merupakan E-Commerce yang memfokuskan produk yang dijualnya berupa benda-benda digital. (musik digital, perangkat lunak komputer, buku digital)
c.         E-Commerce Service Good
E-Commerce ini merupakan E-Commerce  yang khusus menyajikan produk berupa layanan saja. Bentuk E-Commerce ini di perlukan oleh konsumen yang memerlukan bantuan jasa dan membayar jasa sesuai dengan kebutuhannya tersebut dan harga yang disepakati bersama (reservasi tiket, asuransi,tutorial)

D.      E-Commerce  bersdasarkan pelaku pemerintah
Business to goverment (B2G), Goverment to Business (G2B), Goverment to Citizen (G2C) muncul akibat keterlibatan pemerintah (Goverment) secara langsung di dalam proses E-Commerce  terhadap bisnis dan masyarakat. Pemerintah bertindak sebagai regulator sekaligus menjadi pelaku di dalamnya. Dan adapun pembahasan ketiga E-Commerce ­–elaku pemerintah berikut ini :
1.        Business to goverment (B2G)
E-Commerce  ini dimaksud sebagai bentuk penyelesaian dari jenis E-Commerce Businees to Business yang membedakan adalah pemerintah bekerjasama dengan pihak bisnis dalam bentuk penyediaan regulasi, penyediaan media untuk aplikasi bagi pemerintah dan dunia bisnis, serta pemberian akeditasi bagi website E-Commerce  yang digunakan oleh pihak atau kelompok bisnis untuk kegiatan E-Commerce  ini.

2.        Goverment to Business (G2B)
E-Commerce  G2B ini merupakan bentuk dari E-Commerce  yang melibatkan pemerintah dengan pihak bisnis. Bentuk transaksi ini akan melibatkan transaksi penjualan barang, jasa, maupun keduanya, dalam sekala kecil, skala menengah, hingga skala besar. Pemerintah sendiri ikut terlibat didalamnya melalui hubungan dengan pihak swasta, agar tercipta sebuah bentuk kerjasamayang saling menguntungkan antar kedua buah pihak.
 
3.        Goverment to Citizen (G2C)
E-Commerce  G2C merupakan E-Commerce   yang melibatkan pemerintah dengan masyarakat umum. Masyarakat umum dalam hal ini menjadi konsumen dan pemerintah menjadi penjual (lelang berbasiskan Web dan mobile)



Sumber : Eka Pratama, I Putu Agus. E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce Berbasiskan Open Source. Informatika. Bandung. 2015.

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel E-Commerce ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Tuesday, September 15, 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .