Monday, January 23, 2012

Pengertian Usada dan Balian

Pengertian Usada dan Balian

       Usada adalah pengetahuan pengobatan tradisional Bali, sebagai sumber konsep untuk memecahkan masalah di bidang kesehatan.  Dengan menguasai konsep usada tersebut dan memanfaatkannya dalam kerangka konseptual di bidang pencegahan, pengobatan, rehabilitasi serta penelitian berguna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan.
     Kata usada berasal dari kata ausadhi (bhs. Sansekerta) yang berarti tumbuh-tumbuhan yang mengandung khasiat obat-obatan (Nala, 1992:1).  Kata usada ini tidaklah asing bagi masyarakat di Bali, karena kata usada sering dipergunakan dalam percakapan sehari-hari dalam kaitan dengan mengobati orang sakit.
     Menurut Sukantra (1992:124) menyatakan usada adalah ilmu pengobatan tradisional.  Masyarakat di Bali masih percaya bahwa pengobatan dengan  usada  banyak maanfaatnya untuk menyembuhkan orang sakit.
     Balian adalah pengobat tradisional Bali yakni, orang yang mempunyai kemampuan untuk  mengobati orang sakit.  Kemampuan untuk mengobati ini diperoleh dengan berbagai cara yaitu  :

Baca selanjutnya ...

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : Unknown ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Pengertian Usada dan Balian ini diposting oleh Unknown pada hari Monday, January 23, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .