Tuesday, March 6, 2012

Paragraf Argumentasi

Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. Misalnya, lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi, tetapi memaksakan diri masuk SMA, dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. Tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi. Pada akhirnya mereka akan menjadi pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal untuk bekerja. Sumber : Cerdas Berpikir Bahasa dan Sastra Indonesia

Kesimpulan dari paragraf tersebut ialah memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menambah pengangguran.

Dilihat dari struktur informasinya, dalam paragraf argumentasi akan ditemukan:

Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.
Tubuh argumen, bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam paragraf argumentasi sehingga kesimpulan yang akan dicapai juga benar. Kebenaran yang disampaikan dalam tubuh argument harus dianalisis, disusun, dan dikemukakan dengan mengadakan observasi, eksperimen, penyusun fakta, dan jalan pikiran yang logis.
Kesimpulan atau ringkasan, bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

PENGERTIAN PARAGRAF DAN PARAGRAFARGUMENTASI
1. Paragraf (alinea)
Paragraf (alenia) adalah sekumpulan kalimat yangtersusun secara logis dan runtun (sistematis), yangmemungkinkan suatu gagasan pokok dapat dikomunikasikankepada pembaca secara efektif 
2. Paragraf Argumentasi
Karangan argumentasi adalah karangan yang berisipendapat mengenai suatu hal yang disertai alasan-alasanyang logis dan sistematis serta penyajian bukti-bukti dengantujuan memengaruhi pembaca untuk meyakini ataumenyetujui pendapat tersebut
CIRI-CIRI PARAGRAF ARGUMENTASI
1. Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
2. Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
3. Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
4. Penutup berisi kesimpulan
5. Mengandung data atau fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
6. Penjelasannya disampaikan secara logis

LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUNPARAGRAF ARGUMENTASI
1. Membuat topik terlebih dahulu
2. Menetapkan tujuan karangan
3. Melakukan observasi lapangan
4. Membuat kerangka karangan
5. Mengembangkan kerangka karangan
6. Membuat kesimpulan

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAMPENULISAN PARAGRAF ARGUMENTASI
1. berpikir positif, kritis, dan logis;
2. mampu mencari, mengumpulkan, memilihfakta yang sesuaidengan tujuan, serta mampu merangkaikanuntuk membuktikankeyakinan atau pendapat;
3. menjauhkan emosi dan unsur subjektivitas;
4. mampu menggunakan bahasa secara baikdan benar, efektif,dan tidak menimbulkan penafsiran ganda(ambigu).

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Paragraf Argumentasi ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Tuesday, March 6, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .