Tuesday, March 6, 2012

NOVELL NETWARE

Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan (NOS) yang menyediakan aksesfile remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, termasuk sharing printer dan dukungan untuk berbagai aplikasi seperti surat elektronik transfer dan akses database . NetWare menentukan atas lima lapisan model referensi OSI dan, dan berjalan pada media apapun-protokol akses. Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis sistem komputer, dari PC ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak  protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk. Novell NetWare, yang diperkenalkan pada awal tahun 1980 didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada arsitektur klien-server Klien(kadang-kadang disebut workstation) permintaan layanan, seperti file dan printer akses, dari server. NetWare klien / server arsitektur yang mendukung akses remote yang transparan bagi pengguna melalui prosedur remote panggilan. Sebuah prosedur terpencil panggilan dimulai ketika program komputer lokal berjalan pada client mengirimkansebuah prosedur panggilan ke server jauh Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan dan mengembalikan informasi yang diminta ke klien lokal. Novell Open Enterprise Server (1.0)
Pada tahun 1991, Novell memperkenalkan secara radikal berbeda dan lebih murah produk – Netware Lite dalam jawaban Artisoft mirip LANtastic. Kedua sistem saling berkerja sama , di mana tidak diperlukan adanya server spesialis, tetapi semua PC pada jaringan dapat berbagi sumber daya mereka. Lini produk menjadi pribadi Netware padatahun1993.
Kinerja NetWare mendominasi sistem operasi jaringan (NOS) pasar dari pertengahan-80 melalui pertengahan sampai akhir-90an karena kinerja yang sangat tinggi dibandingkan denganteknologi NOS lain. Kebanyakan benchmark selama periode ini menunjukkan kinerja 5:1untuk keunggulan 10:1 produk dari Microsoft, Banyan, dan lain-lain. Satu patokan penting NetWare 3.x menjalankan NFS layanan melalui TCP / IP (bukan asal NetWareIPX protokol) ke dedicated server NFS Auspex dan server Unix SCO menjalankan  layanan NFS. NetWare NFS mengungguli kedua ‘pribumi’ sistem NFS dan mengklaimkeunggulan kinerja 2:1 SCO Unix NFS pada hardware yang sama
Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalamkomputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS. NetWare telah digantkan oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007 adalah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2.
Perkembangan Novell dengan XNS yaitu standar yang menjelaskan mengenaiseperangkat protocol yang didesain untuk internetworking terutama kegunaan lokal. Ada2 protokol jaringan yang terlibat yaitu internet Datagram Protocol ( IDP ) dan (SPP ) Sequenced Packet Protokol. Datagram pada jaringan XNS diberikan alamat secaraindividual.Dalam perkembanganya Novell menciptakan sedikit perubahan ke IDP dan SDP, danmenamakanya paket Pertukaran di internet atau IPX ( Internet Packet Echange) dan pertukaran SPX yang berurut.
Novell Netware yang sudah menguasai pasar sejak tahun delapan puluhan dan masihakan berjaya di sistem yang tidak memerlukan interface yang rumit (seperti Windows),sehingga baikdipakai untuk perbankan dan pengolahan data yang tidak membutuhkan grafik .

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel NOVELL NETWARE ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Tuesday, March 6, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

2 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .