Monday, February 22, 2016

Android Studio pada Windows



Nama / NIM : I Gusti Ngurah Made Ardika / 1404505096
Jurusan / Fakultas / Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Mobile
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.


Bagaimana cara instal android studio pada komputer atau laptop pada windows?. Dan apa saja yang di perlukan untuk menginstal android studio? Pada tutorial ini akan menjawab kedua pertanyaan tersebut. Namun sebelum memulai langkah install android studio pada PC, sedikit saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu Android studio.
Android Studio adalah perangkat lunak buatan Google untuk para developer android dalam membuat dan mengembangkan aplikasi android. Android studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA. Di atas kemampuan yang Anda harapkan dari IntelliJ, Android Studio menawarkan banyak fitur yang memungkinkan alur kerja pengembangan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan dalam satu set. Android Studio ini juga merupakan pengembangan dari eclipse, dikembangkan menjadi lebih kompleks dan professional yang telah tersedia didalamnya Android Studio IDE, Android SDK tools Android 5.0 (Lollipop) Platform, Android 5.0 emulator system image with Google APIs, terlebih Android studio ini sudah memiliki dukungan untuk Android Lollipop 5.0 yang membuat para developer lebih luas dalam mengimplementasikan berbagai project aplikasi mereka pada berbagai interface semua jenis smartphone atau tablet Android. 

Persyaratan sistem.
Berdasarkan pengalaman pribadi android studio ini bisa saja diisntal pada :
  • Windows 7 (32 bit - 64 bit)
  • RAM Minimal 2GB, tapi dari beberapa tutorial-tutorial yang yang saya baca android studio ini akan berjalan dengan lancar kalau mempunyai ram minimal 4GB.
  • Prosesor Core 2 Duo.
  • HD 320 GB

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dan software yang dibutuhkan untuk melakukan penginstalan android studio.

1. Cek Java Development Kit (JDK)
   Pastikan terlebih dahulu JDK di komputer atau laptopmu sudah terinstal dengan dan benar atu tidak.
  • Buka di Program files pada komputer atau laptop dan pastikan bahwa java sudah ada. Jika belum ada yang harus dilakukan adalah mendownload software JDK dan lakukan penginstalan.Untuk mendownload software JDK bisa melalui link berikut ini :
          http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
  • Jika JDK sudah diinstal lakukan pengecekan bahwa java sudah bisa digunakan dengan cara klik Start ketikan cmd kolom Run, seperti pada gambar dibawah ini :
  • kemudian akan keluar command prommed seperti gambar dibawah ini :

  • Kemudian ketikan javac pada command prommed tersebut, jika laptop anda ada javanya maka akan keluar seperti dibawah ini tampilanya :

  • Nah apabila java sudah terinstal pada komputer atau laptop maka pada command prommed akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas.

2. Download Android Studio
Bagi yang senang bereksperimen mengenai pembuatan aplikasi android tentu tidak lengkap sebelum mencoba Android Studio karena android studio merupakan perkembangan dari Eclipse. Android Studio dapat didownload dari halaman web berikut ini :

3. Instalasi Android Studio
Setelah selesai men-download, cari file Android Studio instalasi executable (bernama android-studio-bundle- <version> .exe) di jendela Windows Explorer dan klik dua kali untuk memulai proses instalasi, klik tombol Yes pada dialog User Account Control jika muncul - klik pada tombol 'Next'.


Setelah klik Tombol Next maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini :


Tekan tombol Next untuk melanjutkan instalasi, setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini :


Tampilan layar diatas adalah sebuah perijinan lisensi dari android studionya, untuk melanjutkan instalasi tekan atau klik tombol I Agree seperti pada gambar diatas.Setelah itu akan muncul tampilan selanjutnya seperti pada gambar dibawah ini :


Penjelasan dari halaman diatas terdapat dua kolom dimana kolom pertama merupakan sebuah path folder dimana android diinstal, pada tutorial ini android studio diinstal di Local C. Sedangkan kedua merupakan sebuah path folder yang berfungsi untuk menaruh atau menginstal file SDK. Setelah dirasa cukup untuk menginstal file-file yang dibutuhkan tersebut maka selanjutnya tekan atau klik tombol Next dan akan keluar tampilan seperti dibawah ini :


Pada konfigurasi setting emulator, seperti pada gambar diatas biarkan terisi secara default saja dan kemudian tekan Next saja. Setelah tekan Next akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini :


Pada tampilan diatas tekan saja Instal untuk memulai instalasi android studio. Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini tunggu proses instalasi hingga Completed.Seperti pada gambar dibawah ini :

Instalasi Android Studio Completed dan tekan tombol Next maka akan muncul tampilan finish seperti pada gambar dibawah ini :


Sebelum tekan tombol Finish terlebih dahulu centang pada Start android Studio, lalu tekan Finish untuk melanjutkan instalasi SDK pada android studio. kemudian akan tampil sebuah tampilan seperti pada gambar dibawah ini :

Pada tampilan ini anda diminta untuk memilih untuk melakukan penginstalan SDK pada komputer/laptop atau mau melakukan import SDK, pada tutorial ini saya untuk melakukan semua dari awal jadi memilih I do not have previous version of Android Studio or i do not want to import my settings. Setelah itu tekan tombol Ok akan keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini :


Pada tampilan ini adalah proses download SDK yang dibutuhkan oleh android studio dan biasanya proses tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 14 menitan, silahkan ditunggu sampai proses download dan instalasi selesai atau complete seperti pada gambar dibawah ini :

Setelah complete tekan tombol Finish dan instalasi android studio selesai, tunggu beberapa menit maka android studio sudah bisa digunakan. happy coding yaaaa.......:d

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Android Studio pada Windows ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Monday, February 22, 2016. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .