Saturday, January 11, 2014

GURUKU PUN MENGELUH

Inilah keluhan seorang guru, guru yang berpengaruh terhadap sekolah kita, anggap saja namanya pak dengklek. Pak dengklek adalah salah satu guru senior yang sangat perpengalaman,  jika dilihat dari gololngannya saat ini mungkin dia memiliki golongan tertinggi di antara guru yang lain. Ini bukan cerita yang saya buat dengan ilusi atau imajinasi saya sendiri namun ini kenyataan mengenai pendidikan kita ini terutamanya disekolah kita ini, ada apakah dengan kita? Bisakah kita merubah semua ini agar menjadi sekolah yang lebih baik dan dikenal masyarakat luas. Mungkin kita terlalu bangga bawasannya mempunyai anak didik yang banyak, tpi perlu diketahui sekolah kita ini hanya satu-satunya pilihan di kecamatan kita, maka dari inilah sekolah kita mempunyai banyak siswa. Bila ada yang mengatakan sekolah ini sekolah paporit mungkin jawabannya ia, tapi itu berlaku 8 tahun yang telah berlalu, tapi sekalarang? Kita lihat saja sendiri.


Keluhan sorang guru mengenai sistem yang telah ada, diapun bingung dengan keadaan sekolah saat ini. Entah siapa yang harus disalahkan, "tidak mengerti" hanya itu hal yang terus terungkap saat dia melihat suasana sekolah gaduh dengan jam kosong. Dia menyadari ini bukan kesalah Murid semata, ini kesalahan kita semua yang dibodohi oleh sistem yang bodoh. Dia merasa kecewa dengan dirinya sendiri menjadi seorang pengajar dan mulai bingung dengan rekan-rekan guru yang lainnya.

Tunjangan untuk guru secara materi padahal sudah sangat banyak, baik dari daerah maupun dari  komite, kurang apa lagi kita menjadi seorang guru?, namun tunjangan itu tidak sejalan dengan apa yang terlihat hari ini, banyak guru yang tidak mengajar dengan alasan tak jelas tanpa memberikan tugas, jika dilihat hampir setiap hari ada saja jam kosong, inilah SMA kita yang harus saya akui, memang begini adanya.

Apalah daya pak Dengklek mengeluh! Dia hanya tidak mengerti dengan keadaan saat ini, dia resah dengan nasib kita nanti, jangankan mengaharapkan nilai yang memuaskan untuk ujian nanti, serasa mencari kata luluspun sangat sulit, kita hanya bisa berdoa tanpa tindakan yang terlihat dengan mata telanjang.  Diapun mengajak kita untuk menyadari ini semua, ini semua untuk kita bukan untuk dia apalagi mereka.

Inilah keluhan seorang guru yang tidak mendalam dan seutuhnya saya ceritakan kepada kalian semua, karena tidak etis rasanya menjelekan sekolah sendiri dengan pandangan sebelah mata, walaupun ini kenyataan yang ada disekolah kita ini. Kita tinggal menunggu siapa yang bisa merubahnya nanti! 
" Ini Pendidikan BUKAN Bisnis, Jika Ingin KAYA jadilah Pengusaha"

BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel GURUKU PUN MENGELUH ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Saturday, January 11, 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

1 komentar:

kalau mau sejahtera mending lari ke BUMN ajh sih.. itu kata dahlan iskan hehehe :))

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .