Friday, December 27, 2013

“Dia itu Aku”


Mungkin ada sebuah cerita yang harus saya ceritakan, ini bukanlah hal pahit dan juga bukan hal bahagia, karena pada dasarnya apa yang pahit menjadi hal yang bahagia baginya dan apa yang bahagia baginya menjadi hal yang pahit bagi dia, banyak lakon yang menghiasi hidup dia. Ada kawan, ada sahabat, ada pembenci, dan ada pura-pura menjadi sahabat. itulah kehidupan yang mungkin penuh drama yang seakan semakin dramatis, dia selalu ingin mencoba menjadi orang terbaik diantara yang baik, dia mempunyai seribu cara untuk menutupi kepedihan yang dia punya, dia selalu tampil dengan penuh keceriaan, kegembiraan seolah tak pernah ada masalah dalam hidupnya yang harus dia sedihkan. 

Dia adalah seorang yang tak pernah mencoba melukai orang yang dia sayang, berusaha menjadi superhero yang membantu orang tanpa pernah memikirkan resiko yang dia dapatkan, membuat orang lain bahagia tanpa pernah memikirkan kebahagiaan dirinya sendiri, dia terus berjalan melangkah maju tak pernah sekalipun beristirahat untuk menenangkan hatinya, karna dia mempercayai apa yang di lakukan adalah kebenaran dan kebaikan. Sebuah perjalanan pastinya akan menjadi cerita yag membuat dia semakin mengerti dangan kehidupan, dia selalu mencari kawan dari segala kalangan tujuannya hanya untuk mencari apa arti hidup yang sesungguhnya.

Ketika ia mencoba untuk meninggalkan sejenak percintaan demi mencari pengalaman hidup yang akan membuatnya lebih berkelas justru mendapatkan banyak halangan dan godaan dari para wanita yang ingin merasakan indahnya bercinta dengan dia. Selama perjalanan tahun ini dia tidak pernah mencari namun selalu menjadi bagian yang dicari, dia sosok yang tidak pernah memulai dan menghakiri sebuah hubungan percintaan, dia memberikan sepunuhnya kepada wanita untuk menjadi sutradara dalam hubungan percintaan, karena dia mengerti apa yang dia mulai hari itu akan berakhir tanpa sebuah alasan yang pasti, karena para wanita itu hanya ingin berteduh sebentar melepaskan dahaga yang ada, namun dia tetap bisa tersenyum diperlakukan seperti itu anehnya lagi dia selalu bisa memaafkan pendusta yang selalu mengecewakan perjalan hidupnya. Dia merasakan inilah vitamin kehidupan yang harus dia kumpulkan untuk menyehatkan masa dimana orang lain membutuhkan obat untuk menyembuhkan yang terluka, sedangkan dia sudah memiliki obat abadi yang tertanam dalam tubuhnya.

“Janganlah kau teruskan memarahinya,
yang sesungguhnya sudah tahu bahwa dia salah.
Tersenyumlah, dan bernafaslah dalam selapang-lapangnya dada”

Dalam perjalanan itu dia mampu mengerti apa yang orang lain inginkan dari dirinya, namun ada saat dimana dia seolah tak ingin mengerti apa yang mereka inginkan hanya karena prisip dia yang tak ingin membuat orang banyak pada saat itu tertarik pada diri dia. Banyak perempuan cantik yang dia tolak hanya karena dia merasa kecil dan tak mampu mengimbangi sebuah perjalan hidup si wanita, dia juga tak ingin perjalanannya tersendat karena si wanita ini, dia menyadari apa yang terlihat cantik tak selamanya cantik. Selama dia mengikuti sebuah perjalanan dengan si wanita ini banyak pembelajaran yang dia dapatkan. Banyak lelaki yang bodoh diselimuti hawa nafsu yang berlebihan hanya tertarik pada perempuan yang memiliki kulit cantik dan body yang dikatakn lelaki itu indah yang pada akhirnya akan ditinggalkan ketika seorang lelaki bosan dengan sifat dan tingkah laku si wanita. Beda dengan dia yang tak pernah memikirkan hal itu, mungkin karena dia sosok lelaki yang terlahir dari keluarga yang memang semuanya lugu dan polos. Dia mencari yang orang lain tak ingin tahu dari seorang wanita, dia selalu berpikiran jauh kedepan demi sebuah pengetahuan yang tak diketahui mungkin tak mau diketahui oleh para laki-laki lainnya tentang wanita.

Musik dan Bola Basket seakan menjadi sehabat yang bisa menjelaskan apa yang dia rasakan, terkadang dia berpikir musik apa yang paling pantas untuk medemo hatinya agar dia mengerti inilah hidup. musik juga mampu menggambarkan hal yang tak terlihat. Sedang bola basket mampu memberikan permainan yang membuatnya mengerti sedihnya seharusnya lebih pendek dari kebahagiaan yang sangat panjang, basket juga mengajarkan bagaimana kekompakan dalam kehidupan yang dihuni oleh banyak karakter hingga menjadi satu kesatuan itu bisa menyatu dan terjalin dengan indah sehingga mampu memberikan hiburan. Dia ketahui itu tak mudah jika dia tak belajar mengerti setiap sifat orang yang dia kenal.



Pada suatu hari dia dipertemukan dengan lelaki yang mempunyai impian dan cita-cita tinggi yang pasti akan sukses. Dia belajar untuk mencari sebuah jawaban wanita bagaimana yang di idamkan oleh seorang yang nantinya akan sukses itu, diapun mendapakan jawaban yang membuatnya mengerti tipe wanita yang diinginkan oleh lelaki tergantung dari pola pikir, cita-cita, dan penampilan lelaki itu sendiri. Laki-laki yang mempunyai cita-cita tinggi yang berjuang untuk kesuksesannya lebih mementingkan tutur dan tata bahasa yang baik, dengan penampilan yang membuatnya nyaman disaat ada si wanita disamping lelaki itu, perempuan yang mampu terlihat cantik hanya untuk si lelaki itu tanpa mengumbar apa yang perempuan punya untuk semua lelaki. Akhirnya dia mengerti cantik tak menjamin orang sukses tertarik pada wanita, wanita hebat terlihat lebih anggun ketika mampu membuat seorang lelaki menjadi senang disaat dia bersedih, terasa lengkap ketika mampu melewati hari tanpa tekanan dari siapapun, bisa belajar bersama mengenai sesuatu yang belum mereka ketahui.

Yang menjadi pertanyaan dalam benak si dia masihkan tuhan menciptakan wanita seperti itu, dia sudah berusaha menjadi orang baik dan berkelas dalam hidupnya demi dijauhi oleh orang yang tidak baik, sebab dia menyakini wanita akan berpikir dua kali mendekatinya disaat dia menjadi orang baik dan sukses, wanita yang tidak baik akan berpikir, apakah pantas bersanding dengan diri si dia?, itulah sebab si dia terus mencari jawaban yang lebih sempurna di tahun ular ini.
Didalam perjalan dia sudah banyak mempunyai teman dan sehabat yang selalu menyelamtakan pejalanannya dan membuat perberjalanannya dengan beban berat terasa sangat ringan karena  para sahabat yang dia punya memiliki peran yang berbeda, namun selalu membuatnya merasa menjadi lelaki yang masih berguna untuk para sahabat, banyak teman yang silih berganti menemani hari-harinya tanpa ada kata kesepian, dia ketahui tuhan selalu berbuat baik pada dia. dia masih memikirkan sampai kapan tuhan berbuat baik? Dalam benak dia menjawab selama dia berbuat baik tuhan akan selalu lebih baik lagi dengan dia, tuhan itu adil asalkan kita bisa mengerti setiap tanda yang tuhan berikan kepada dia,
Akankah hidup ini seperti sebuah film pendek yang pemeran utamanya diawal mendapkan kepedihan dan endingnya bahagia?, tapi yang terpenting dia sudah berusaha menjadi yang terbaik, selalu membantu yang bisa dia bantu, selalu meluangkan waktu untuk yang membutuhkannya dengan siapapun sekalipun orang yang menganggapnya musuh, sebab dia tidak membedakan dan tidak pernah menganggap orang lain sebagai musuhnya. Banyak kepedihan yang menghampirinya membuat dia lebih meyakini inilah jalan hidup yang membuat dia lebih siap dengan masa depan yang lebih cerah dan pastinya berkelas,
Inilah cerita yang tak seutuhnya dia ceritakan untuk kita semua, dia hanya ingin disaat dia kembali membaca tulisan ini dia teringat akan tahun ular yang penuh dengan gelombang ini. “jika kau ingin bahagia di awal bersiaplah bersedih diakhir, jika kau ingin bersedih diawal bersiaplah untuk berbahagia diakhir”  , “ dia berharap kesedihanmu seharusnnya lebih pendek dari kebahagiaan yang panjang” . Dia : “Cintailah aku sepenuhnya, atau tidak sama sekali. Janganlah kita memboroskan waktu”. 
Kelasmu ditentukan oleh tutur kata, penampilan dan pola pikirmu
Jadilah orang berkelas
Sehingga cinta lebih mudah menghapirimu


BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel “Dia itu Aku” ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Friday, December 27, 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .