Thursday, October 18, 2012

Tips menghadapi Ujian

Tips menghadapi Ujian


"mumpung lagi ada waktu bloging , kebetulan juga dekat-dekat ini akan ada ujian, mendingan saya share mengenai tips mengadapi ujian sekolah"
Tips menghadapi Ujian Sekolah dan ujian lainnya. UAN, UAS, atau Ujian tes lainnya merupakan bagian yang harus dilalui oleh para siswa. Dengan adanya ujian itu, bisa menjadi cermin atas kemampuan yang diperoleh selama mengenyam pendidikan pada tempat ajaran yang bersangkutan, tentunya dengan nilai yang murni dan asli tanpa adanya bentuk kecurangan. Biasanya, Ujian menjadi hal yang ditakutkan oleh para peserta, namun memang itu adalah tuntutan yang harus dipenuhi. Ujian diadakan bukan untuk ditakuti melainkan dihadapi.


Kesiapan mental dan fisik sangat diperlukan dalam menghadapi ujian, apalagi ujian tersebut bersifat nasional seperti Uian Akhir Nasional atau UAN.

Berikut ini adalah tips menghadapi Ujian seperti UAN, UAS, UMPTN, dan lainnya:

1. Berdoalah kepada Tuhan

Sangatlah sombong yang beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha dan kerja keras kita sendiri tanpa keikutsertaan Sang Pencipta. Untuk itu dengan segala kerendahan diri dan hati di hadapan-Nya, kita panjatkan doa agar diberi kelulusan, kesehatan dan kemudahan dalam menghadapi ujian nanti. Tuhan Mahatahu dan tentu akan mendengarkan dan mengabulkan doa hamba-hambanya.

2. Hadapilah ujian dengan tenang dan proporsional

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

3. Bersikaplah proaktif

Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UAN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minimal 5,50 justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 7,01 atau 8,01 sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.

4. Buatlah rencana

Menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UAN dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.

5. Perbanyaklah membaca dan latihan soal

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal (ujian).

6. Belajar kelompok

Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi. Para siswa daripada banyak bermain dan membuang-buang waktu dengan percuma, manfaatkanlah dengan cara belajar berkelompok dengan teman di sekolah atau di sekitar tempat tinggal kita.

7. Efektif belajar di sekolah

Hal yang buruk, masih ada siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir mengisi absen, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus walaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah. Pada umumnya, para siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya dalam belajar, baru sebatas menghafal. Siswa juga masih kurang untuk bertanya, berdialog bahkan berdebat dengan gurunya. Padahal kemampuan bertanya salah satu upaya untuk memperkuat pemahamaman atau pengertian dan keterampilan belajar.

8. Mohon doa restu pada orang tua

Yakinlah bahwa Anda akan lulus, Yakinlah bahwa jika kita lulus maka orang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah perjuangan menghadapi UAN 2009 sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta. Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UAN.

9. Rajin Bertanya

Rajin-rajinlah bertanya dan bertanya, karena dengan bertanya kita dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Jika ada kata/kalimat yang tidak kita ketahui di dalam buku yang kita pelajari, maka sangat dianjurkan untuk bertanya pada ahlinya, baik itu guru, orang tua, maupun kakak kita. Ketika di sekolah, jika ada penjelasan guru yang tidak kita mengerti maka bertanyalah. Jangan takut bertanya ! Karena kemungkinan masih banyak teman sekelasmu yang juga tidak mengerti penjelasan guru tersebut, hanya saja mereka malu bertanya.
Kalau tidak pernah bertanya, kita tidak akan tahu sampai kapanpun.
Ingat, “Malu bertanya, sesat di jalan”.

10. Motivasi Diri Anda

Motivasikan diri Anda sedini mungkin untuk melakukan kegiatan belajar, karena dengan adanya motivasi dapat meningkatkan keinginan untuk selalu dan terus belajar. Salah satu cara memotivasi diri Anda adalah dengan membuat beberapa afirmasi, seperti “Kalau dia bisa, kenapa aku tidak bisa?”. Toh kita sama-sama manusia yang diciptakan sang Kholik.

Sekian postingan ini mengenai tips menghadapi Ujian, semoga bermanfaat.


BERKOMENTARLAH YANG SANTUN, JANGAN SPAM, AYO BERKOMENTARLAH DISINI. . .

Ditulis Oleh : I Gusti Ngurah Made Ardika ~ Mari Berbagi dan Belajar Bersama

Artikel Tips menghadapi Ujian ini diposting oleh I Gusti Ngurah Made Ardika pada hari Thursday, October 18, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

8 komentar:

Makasih kak buat tipsnya!
blog kk kerens dan sangat bermanfaat!

makin sukses ya! :D

This comment has been removed by the author.

@ade terimakasih kunjungannya, walaupun ade spam kesini, sengaja tidak saya hapus, karna menguntungkan bagi saya

thanks gan, tips nya sangat bermanfaat oya ayo para blogger ikutan kontes seo hadiah 20 juta. langsung ke tkp >>> http://kontesseo.masterbet88.com/

Tks very much for your post.

Avoid surprises — interviews need preparation. Some questions come up time and time again — usually about you, your experience and the job itself. We've gathered together the most common questions so you can get your preparation off to a flying start.

You also find all interview questions at link at the end of this post.

Source: Interview Questions & Answers:

Best rgs

Post a Comment

Mari kita saling berkomentar. Jika kalian suka dengan artikel ini, ayo kita "Share" untuk membagikan informasi ini kepada sobat yang lain agar lebih bermanfaat. Terima kasih, Salam Blogger . . .